Jika mengunjungi situs YouTube hari ini, Anda akan menemukan wajah baru dari situs video sharing tersebut. Google secara resmi merilis penampilan baru dari YouTube, Jumat (2/11/2011).
Tampilan
baru ini memberikan porsi khusus untuk kanal-kanal (Channel) yang ada
di YouTube dengan peletakan di bagian kiri memanjang ke bawah.
Google menyebut perubahan ini menjadikan "YouTube lebih bersih dan simpel, memiliki latar belakang abu-abu yang konsisten, thumbnail video yang lebih besar, dan jumlah video di streamline yang lebih banyak."
Dengan
wajah baru ini, navigasi di situs tersebut menjadi lebih nyaman karena
penempatan video-video lebih rapi dan akses ke Channel menjadi lebih
mudah. Selain itu, streamline video yang terletak di bagian tengah dapat diatur, video apa saja yang muncul, mirip news feed di Facebook.
Meski
demikian, tak banyak perubahan dari sisi fungsionalitas. Perubahan baru
ini lebih menonjolkan aspek berbagi ke berbagai media sosial. Yang
cukup mengagetkan adalah adanya tombol share ke Facebook, yang bisa disebut pesaing utama dari jejaring sosial Google, berdampingan dengan tombol share Google+ dan Twitter.
Perubahan tampilan YouTube ini memang sejalan dengan rencana make over beberapa produk Google, seperti Google Reader, Gmail, Document, dan Calendar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar